Gandeng TIMES Indonesia, PPIT Kunming Bagikan Audiobook Verba untuk Pelajar Tunanetra

Home / Pendidikan / Gandeng TIMES Indonesia, PPIT Kunming Bagikan Audiobook Verba untuk Pelajar Tunanetra
Gandeng TIMES Indonesia, PPIT Kunming Bagikan Audiobook Verba untuk Pelajar Tunanetra Secara simbolis, Perwakilan PPIT Kunming, Veronica Christamia (dua dari kanan) didampingi Pengurus Komunitas Braille’iant Indonesia, Asterida Komala Putri ketika menyerahkan Audiobook kepada TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Sabtu (2/5/2020).

TIMESBENGKULU, YOGYAKARTA – Bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020, Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok, Kota Kunming (PPIT Kota Kunming) merilis Program Audiobook Verba “The Voice of Education For The Blind”. Program yang dipersembahkan bagi pelajar tunanetra Indonesia ini menggandeng TIMES Indonesia.

Audiobook tersebut murni karya anak bangsa yang tergabung dalam PPIT Kota Kunming bersama Komunitas Braille’iant Indonesia. Program ini didukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing di Kunming, China.

PPIT-Kota-Kunming-2.jpg

Program Audiobook ini sekaligus merayakan Peringatan Hubungan Diplomatik antara Indonesia-China ke-70 tepat 13 April 2020 lalu.

Secara simbolis, audiobook yang tersimpan dalam empat keping CD (Compact Disc) diserahkan oleh Perwakilan PPIT Kota Kunming dan Komunitas Braille’iant Indonesia kepada TIMES Indonesia di Kantor Biro Regional Yogyakarta (TIMES Jogja). Selanjutnya, file yang berisi novel dan buku sejarah tersebut akan didistribusikan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) dan para pelajar tunanetra di Indonesia.

“Silakan nanti file dalam CD ini oleh teman-teman TIMES Indonesia disebarkan ke masyarakat umum. Namun, waktunya nunggu ijin edar dahulu dari Kemenkum HAM. Sementara ini, bila ada yang berminat membutuhkan file audiobook dapat menghubungi kami. Audibook ini gratis,” kata Perwakilan PPIT Kunming, Veronica Christamia.

Veronica didampingi Pengurus Komunitas Braille’iant Indonesia, Asterida Komala Putri saat berkunjung ke Kantor TIMES Jogja (TIMES Indonesia Network) Jalan Sorowajan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (2/5/2020).

Veronica menambahkan, Program Audiobook ini secara substansial bertujuan membantu para sisawa difabel netra di Indonesia agar tetap dapat mengakses materi belajar selama Pandemi Covid-19.

PPIT-Kota-Kunming-3.jpg

Braille’iant Indonesia adalah sebuah komunitas difabel netra yang berada di Kota Yogyakarta dan sudah berdiri sejak tahun 2010 silam.

“Kami berharap TIMES Indonesia dapat mengenalkan kepada masyarakat terkait audiobook ini,” jelas perempuan yang kini menjadi tenaga pengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Tiongkok ini.

Veronika menegaskan, program ini dapat dimanfaatkan untuk siswa-siswa yang menyandang difabel. Khususnya kaum difabel netra yang berada di Kota Yogyakarta dan Indonesia secara umumnya.

“Saya pun juga mengajak teman-teman mahasiswa PPIT Kunming untuk bergabung dengan komunitas Braille’iant dan siapa yang tertarik untuk ikut akan saya survey berupa buku yang diinginkan para difabel netra,” terang Vero, sapaan akrab Veronica.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19 banyak kendala yang dihadapi pelajar tunanetra. Apalagi, braile yang selama ini digunakan untuk belajar dinilai kurang efektif.

Untuk membantu pelajar tunanetra tersebut PPIT Kunming bersama Komunitas Braille’iant Indonesia melakukan perekaman sebuah novel dan pelajaran Sejarah. Selanjutnya, rekaman tersebut diedit dan dikumpulkan dalam satu CD kemudian dapat diperdengarkan kepada pelajar tunanetra.

“Untuk sementara memang baru ada audiobook ini baru novel karya Iwan Setyawan dan buku Sejarah Indonesia. Perekaman ini membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan melibatkan belasan relawan,” jelas Vero.

General Manager TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Ahmad Riyadi, mengapresiasi PPIT Kunming dan Komunitas Braille’iant Indonesia yang telah peduli terhadap pelajar tunanetra Indonesia. Dengan senang hati, TIMES Indonesia akan ikut berkolaborasi dalam program kemanusiaan ini.

“Audiobook ini tentu sangat bermanfaat bagi teman-teman tunanetra. Sebab, dengan adanya audiobook ini teman-teman tunanetra lebih gampang ketika belajar. Pemerintah dan masyarakat harus mendukung program ini,” terang Ahmad Riyadi.

Veronica menyebutkan, sebenarnya kali pertama Program Audiobook diluncurkan di Yunn University, Kunming pada 4 Januari 2020 bertepatan dengan peringatan Hari Braille Dunia. Namun, PPIT Kunming tidak menyangka akan adanya pandemi Covid-19 secara global.

Karena pandemi yang semakin meluas, akhirnya aktivitas perekaman, revisi dan pengeditan dilakukan di dua tempat terpisah yaitu di asrama-asrama kampus di Kunming, China dan beberapa kota di Indonesia.

Secara diplomatik, program ini sepenuhnya didukung secara moral dan finansial oleh KBRI Beijing serta sekaligus menjadi perayaan peringatan 70 tahun hubungan antara Indonesia dengan China.

Nah, bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2020 ini, PPIT Kunming dan Komunitas Braille’iant Indonesia berharap para pelajar tunanetra Indonesia dapat memanfaatkan audiobook ini selama kegiatan belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19.

Bagi yang ingin mendapatkan Audiobook Verba  ini dapat menghubungi Komunitas Braille’iant Indonesia 0817833260 atau email: asteridaputri@gmail.com dan TIMES Indonesia di nomor 08-5757-55-2700. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com