BNPB Jember: Tiap Individu Harus Tanggap Bencana

Home / Berita / BNPB Jember: Tiap Individu Harus Tanggap Bencana
BNPB Jember: Tiap Individu Harus Tanggap Bencana Simulasi penanganan korban gempa di Jember dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2018 (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESBENGKULU, JEMBERKabupaten Jember, Jawa Timur menjadi wilayah potensi bencana seperti gempa bumi, banjir, dan tanah longsor. Kenyataan tersebut mengharuskan masyarakatnya memiliki kewaspadaan dan kesadaran untuk tanggap terhadap bencana sedini mungkin.

Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Jember bersama Basarnas, Polri, TNI, dan pemerintah daerah menggelar simulasi massal penanggulangan bencana, tepat di Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Kamis (26/5/2018).

Plt Kepala BNPB Kabupaten Jember Widi Prasetyo menerangkan bahwa simulasi dengan skenario bencana gempa bumi sebesar 7 SR tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya tanggap bencana.

"Karena ke depan, kesiapsiagaan terhadap bencana pada masing-masing individu yang kami harapkan," kata Widi saat ditemui di Alun-Alun Kabupaten Jember yang dijadikan lokasi simulasi.

Selain itu, simulasi tersebut digelar untuk mengukur kemampuan petugas BNPB Kabupaten Jember, Basarnas, Polri, TNI dalam menghadapi bencana serta mengevakuasi korban bencana.

"Hari ini kita lihat semua elemen masyarakat ikut dalam simulasi ini. Tabtangan dalam evakuasi korban adalah banyaknya gedung bertingkat di sini sehingga harus melakukan evakuasi vertikal," tuturnya.

Petinggi BPBD Kabupaten Jember itu juga menerangkan, dipilihnya skenario gempa dalam simulasi tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, wilayah Jember berpotensi terjadi bencana gempa dan tsunami karena berbatasan langsung dengan pantai selatan Jawa. "Beberapa kecamatan di Jember ada di bibir pantai selatan. Potensi terjadi tsunami sangat besar. Ribuan warga ada di sana," imbuhnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com