Wisata Tirta Agung Bondowoso Terus Mempesona Wisatawan

Home / Wisata / Wisata Tirta Agung Bondowoso Terus Mempesona Wisatawan
Wisata Tirta Agung Bondowoso Terus Mempesona Wisatawan View salah satu wisata desa, Tirta Agung, yang ada di Sukosari Kidul Sumber, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. (FOTO: M Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESBENGKULU, BONDOWOSOKabupaten Bondowoso terus mengembangkan destinasi wisata yang ada di banyak banyak desa. Banyak destinasi wisata yang sudah banyak mempesona dan dikunjungi wisatawan dari luar daerah dan bahkan turis asing. Salah satunya adalah wisata Tirta Agung.

Salah satunya wisata Tirta Agung Sukosari Kidul Sumber Wringin, yang terletak di desa. Obyek wisata itu dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa setempat.

Menurut Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kabupaten Bondowoso, saat berkunjung ke wsiata Tirta Agung, pihaknya sangat mengapresiasi upaya BUMDes yang mengelolanya.

“Saya berharap, wisata desa terus berkembang. Terus ditata dengan baik dan mampu mempesona para wisatawan,” katanya, kepada TIMES Indonesia, Rabu (25/04/2018).

Pihaknya menegaskan, akan terus menyupport kebutuhan desa, apalagi terkait wisata desa. Bahkan tahun ini katanya, sudah ada kucuran dana satu miliar, untuk pembangunan infrastruktur wisata Almour, di desa Alas Sumur di Bondowoso. 

Pertama-tama jelas pria yang populer disapa Sabil itu, yang akan dibangun adalah mindset kepala desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). 

"Misalnya, melalui pelatihan-pelatihan dan diajak studi banding ke desa-desa yang sudah maju wisatanya. Agar mereka punya referensi dan bisa mengembangkan wisata di desanya,” terangnya.

Diketahui, wisata Tirta Agung itu, kini masih dalam tahap penyelesaian. Wisata desa tersebut, dibangun setelah pihak Kepala Desa, Tolak Abdul Azis,  melakukan studi banding ke Yogyakarta.

Sepulang dari Yogyakarta, pihak desa langsung berinisiatif memanfaatkan Waduk Pengairan Sawah yang selama ini tidak difungsikan dengan baik. 

“Melihat kondisi Waduk yang belum difungsikan, saya berinisiatif untuk bekerjasama dengan masyarkat disini. Dan Wisata desa ini, dikelola oleh BUMDES Makmur Sejahtera,” katanya. 

Meski belum dilauching, wisatawan Tirta Agung sudah mulai dikunjungi wisatawan lokal. “Bahkan di hari libur, bisa mencapai 800 pengunjung. Alhamdulillah, semoga ini menjadi jalan untuk memajukan desa dan wisata desa,” harapnya.

Ditanya soal konsep wisata Tirta Agung yang akan ditarapkannya, Aziz mengaku, pihaknya telah membangun 12 saung di atas waduk dan jembatan dari papan yang dihubungkan ke saung-saung tersebut. “Wisatawan seperti berjalan di atas air. Itu konsep yang kami terapkan untuk mempesona wisatawan,” ungkapnya. (*) 

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com