Prof Sulthon Masyhud Pimpin Asosiasi Wakil Rektor Indonesia

Home / Pendidikan / Prof Sulthon Masyhud Pimpin Asosiasi Wakil Rektor Indonesia
Prof Sulthon Masyhud Pimpin Asosiasi Wakil Rektor Indonesia Wakil Rektor III Universitas Jember, Prof Sulthon Masyhud. (FOTO: Istimewa)

TIMESBENGKULU, JEMBER – Wakil Rektor III Universitas Jember (Unej), Prof M Sulthon Masyhud, terpilih menjadi Ketua Asosiasi Wakil Rektor/Wakil Direktur Bidang Perencanaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia.

Prof Sulthon terpilih secara aklamasi dalam pertemuan para Wakil Rektor dan Wakil Direktur bidang perencanaan di Gedung D Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Jakarta pada Rabu (18/4) lalu. 

"Asosiasi ini dilandasi dengan kesadaran bersama bahwa perencanaan adalah awal dari pengembangan sebuah institusi," tutur Prof Sulthon, Kamis (26/4/2018).

Ia menjelaskan perencanaan adalah blue print yang menjadi fondasi pengembangan sebuah institusi. Apalagi ditengah distruption era seperti saat ini, perencanaan dihadapkan pada kondisi perubahan yang sering terjadi. 

"Jika salah merencanakan maka tentu saja akan salah juga pengembangan institusi tersebut," katamya. 

Prof Sulthon terpilih mempimpin Asosiasi Wakil Rektor/Wakil Direktur Bidang Perencanaan tidak lepas dari prestasi yang diraih oleh Unej. Untuk diketahui, Unej menerapkan Sistem Informasi Manajemen Anggaran (Simangga) sejak tahun 2011. Sejak diterapkan, saat ini telah ada tujuh kampus yang berniat mereplikasi termasuk Universitas Khairun, Ternate. 

"Universitas Khairun bahkan datang ke Jember langsung dan menyatakan bahwa ingin menerapkan Simangga. Luar biasa," ungkap Guru Besar di FKIP Unej ini. 

Nantinya kata Prof Sulthon, Asosiasi Wakil Rektor/Wakil Direktur Bidang Perencanaan menargetkan segera membahas membuat perencanaan dalam rangka pembentukan dan pengembangan wirausahawan dari kampus.

"InsyaAllah dalam waktu dekat semuanya akan berkumpul di Makassar untuk membahas bagaimana mewujudkan perencanaan yang dapat menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang tidak hanya berorientasi mencari kerja tapi jadi wirausahawan," pungkas Prof Sulthon Masyhud. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com