Hari Kartini 2018

Hamida Soetadji Abdikan Diri Bantu Anak Jalanan hingga Pasien Kanker

Home / Berita / Hamida Soetadji Abdikan Diri Bantu Anak Jalanan hingga Pasien Kanker
Hamida Soetadji Abdikan Diri Bantu Anak Jalanan hingga Pasien Kanker Hamida Soetadji saat menemani pasien, tanpa kenal lelah ia mengabdi mengupayakan waktu bagi mereka yang membutuhkan bantuan, Kamis (26/4/2018). (FOTO: Istimewa)

TIMESBENGKULU, SURABAYA – Masih dalam nuansa Hari Kartini, sosok Hamida Soetadji mungkin mewakili sebuah emansipasi. Perjuangannya tanpa kenal lelah membantu anak jalanan hingga pasien kanker, adalah bentuk empati di balik perempuan tangguh sekaligus manusia yang memiliki rasa sosial tinggi. 

Berawal dari tahun 2000 silam, Hamida Soetadji mulai bergerak sebagai relawan. Meskipun kala itu masih konsen pada anak - anak jalanan. Tidak jarang setiap akhir pekan ia bersama rekan seperjuangan mengadakan pengobatan maupun khitanan massal. 

Sasarannya tidak lain adalah warga yang kurang mampu, sedangkan untuk pengobatan massal ditujukan kepada warga yang jauh dari fasilitas kesehatan. 

“Ketika dalam proses pemeriksaan gratis menemukan pasien yang harus di-follow up, maka pasien tersebut kami tindak lanjut pengobatannya,” tutur Mimied, sapaan akrab Hamida Soetadji, kepada Times Indonesia, Kamis (26/4/2018).

Selanjutnya, pergerakan bergeser. Ia mulai bertemu dengan pasien kanker secara tidak sengaja tepatnya 2010 lalu. Saat itu ia tergabung dalam organisasi komunitas pendonor darah, Blood For Life (BFL). Acapkali membantu kebutuhan transfusi darah jika stok Palang Merah Indonesia (PMI) kosong. 

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com